Tepung Kentang, Bahan Makanan Penuh Nutrisi


potato starch, tepung kentang, kentang, windmill
Potato Starch
Kentang adalah salah satu bahan pangan yang sering digunakan masyarakat sebagai pengganti beras. Bahkan di Eropa kentang menjadi bahan makanan pokok. Tidak hanya sebagai bahan makanan poko saja, kentang juga bisa diolah menjadi tepung yang sering disebut potato starch.
Tepung kentang atau potato starch adalah salah satu dari berbagai jenis tepung yang berbahan dasar kentang.
Tepung ini memiliki berbagai perbedaan, kegunaan dan memiliki kelebihan dibandingkan dengan tepung-tepung yang lain. Proses pembuatan tepung kentang sangat panjang mulai dari proses pencucian, pengolahan kentang hingga menjadi tepung, semuanya dilakukan dengan sebaik mungkin guna menghasilkan tepung yang berkualitas tinggi.

Tepung kentang digunakan sebagai bahan dasar pembuatan berbagai jenis kue dan makanan seperti saos, kue, makanan bayi,mie instan dll. Dibandingkan dengan bahan-bahan lain seperti ubi gandum dan beras, tepung kentang lebih rendah kandungan lemak dan proteinnya serta dapat disimpan dalam keadaan berair tanpa menimbulkan bau apek dan memilili butiran tepung lebih besar.

Dalam proses pembuatan tepung kentang ditambahkan enzim oksidasi untuk mencegah kentang berwarna coklat selama proses berlangsug. Tepung kentang kaya akan karbohidrat, mineral, vit b kompleks, dan protein.
potato starch, tepung kentang, winmill
Contoh Tepung kentang

Selain sebagai bahan makanan, tepung kentang juga dapat digunakan sebagai bahan baku campuran produksi kertas, tekstil dan industri lem. Juga bisa digunkan sebagai penyedia protein bagi industri pakan terna.

Comments

Popular Posts